Elga Miftahul Jannah, Elga Miftahul Jannah and Desi, Desi and Suaebah, Suaebah and Martinus Ginting, Martinus Ginting and Ikawati Sulistyaningsih, Ikawati Sulistyaningsih (2022) Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Instagram Bertema Empat Pilar Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Gizi Remaja Putra. PONTIANAK NUTRITION JOURNAL, 5 (2). pp. 211-215. ISSN 26221705
Text
DESI _ PNJ SEP 2022.pdf Download (152kB) |
|
Text
Cek plagiat DESI_gz seimbang.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pengetahuan gizi yang rendah akan mengakibatkan kebiasaan makan yang salah sehingga dapat menimbulkan masalah gizi pada remaja. Saat ini media sosial Instagram menjadi media sosial popular di kalangan remaja yang dapat dijadikan sebagai media edukasi gizi. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi melalui Instagram bertema empat pilar gizi seimbang terhadap pengetahuan gizi remaja putra di SMA Negeri Kecamatan Pontianak Kota. Jenis penelitian ini adalah pre- experiment dengan desain penelitian one group pre test – post test. Subjek penelitian adalah remaja putra SMA Negeri di kecamatan Pontianak Kota, yaitu SMA N 4 dan SMA N 8 Kota Pontianak. Sampel sebanyak 35 dipilih dengan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data melalui proses bergulir dari satu responden ke responden lainnya untuk memenuhi kebutuhan peneliti. data dianalisis dengan Uji Wilcoxon untuk melihat perbedaan pengetahuan gizi sebelum dan sesudah diberikan edukasi gizi. Didapatkan nilai p (p-value) sebesar 0,000 yang artinya ada perbedaan sebelum dan sesudah diberikan intervensi gizi berupa edukasi gizi terhadap pengetahuan gizi remaja putra SMA di Kecamatan Pontianak Kota. Pendidikan gizi melalui Instagram bertema Empat Pilar Gizi Seimbang dapat meningkatkan pengetahuan gizi remaja.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Depositing User: | Desi Desi |
Date Deposited: | 29 May 2023 07:37 |
Last Modified: | 29 May 2023 07:37 |
URI: | http://repo.poltekkes-pontianak.ac.id/id/eprint/271 |
Actions (login required)
View Item |