MEDIA EDUKASI STIPMA (STIK INFORMASI PEMBERIAN MAKAN ANAK) MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU DAN POLA PMBA ANAK USIA 6 – 24 BULAN

Dewi Praya Untari, Dewi Praya Untari and Dahliansyah, Dahliansyah and Yanuarti Petrika, Yanuarti Petrika and Desi, Desi and Suaebah, Suaebah (2022) MEDIA EDUKASI STIPMA (STIK INFORMASI PEMBERIAN MAKAN ANAK) MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU DAN POLA PMBA ANAK USIA 6 – 24 BULAN. Gema Kesehatan, 14 (1). pp. 79-91. ISSN 2654-8100

[img] Text (ARTIKEL MEDIA EDUKASI STIPMA (STIK INFORMASI PEMBERIAN MAKAN ANAK) MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU DAN POLA PMBA ANAK USIA 6 – 24 BULAN)
stipma.pdf - Published Version

Download (825kB)
[img] Text (CEK KEMIRIPAN ARTIKEL MEDIA EDUKASI STIPMA (STIK INFORMASI PEMBERIAN MAKAN ANAK) MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU DAN POLA PMBA ANAK USIA 6 – 24 BULAN)
cek plagiat artikel gema_yanuarti.pdf - Additional Metadata

Download (1MB)
Official URL: https://gk.jurnalpoltekkesjayapura.com

Abstract

Asupan makanan dipengaruhi pola makan pada balita. Jika pola makan tidak tercapai dengan baik, maka akan berdampak pada pertumbuhan balita. Salah satu faktor yang mempengaruhi ibu dalam pemberian makan balita adalah pengetahuan. Media STIPMA merupakan media edukasi visual hasil modifikasi media flashcard yang dijadikan media stik informasi. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh pemberian media edukasi Stik Informasi Pemberian Makan Anak (STIPMA) dan lembar balik Kartu Kontrol Makanan Pendamping ASI (KUKOMPAS) terhadap pengetahuan ibu dan pola pemberian makan pada balita usia 6-24 bulan di Puskesmas Kampung Bangka. Penelitian ini quasieksperimen dengan rancangan pretest-posttest with control group design, responden penelitian 16 pada kelompok kontrol dan 16 pada kelompok perlakuan pada kelurahan Bansir Laut yang ditentukan berdasarkan kriteria inklusi. Perlakuan berupa pemberian media stik informasi dan pemberian edukasi dengan lembar balik yang dilakukan selama 4 kali pertemuan dalam 21 hari. Analisis data yang di gunakan uji Wilcoxon rank, uji pairet-t test, dan uji Independent-test. Terdapat perbedaan pengetahuan ibu yang signifikan pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan pemberian media STIPMA dengan p-value sebesar 0,045<0,05, dan ada perbedaan pola pemberian makan pada balita kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan pemberian media STIPMA dengan p-value sebesar 0,006>0,05 dimana kelompok perlakuan lebih baik dari pada kelompok kontrol. Pemberian media STIPMA dan edukasi menggunakan lembar balik dapat membantu meningkatkan pengetahuan ibu dan membantu ibu dalam mengubah pola pemberian makan pada balita.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: yanuarti petrika
Date Deposited: 27 May 2023 11:43
Last Modified: 27 May 2023 11:43
URI: http://repo.poltekkes-pontianak.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item View Item